Privacy Policy


Kebijakan Privasi Taxnesia

1. PENDAHULUAN

1.1 Selamat datang di platform Taxnesia yang dioperasikan oleh PT Solusi Nesia Utama dengan serius bertanggung jawab berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang privasi yang berlaku ("Undang-Undang Privasi") dan berkomitmen untuk menghormati hak dan masalah privasi semua Pengguna Platform Taxnesia kami ("Platform") (secara bersama-sama kami menyebut Platform dan layanan yang kami sediakan sebagaimana yang dijelaskan dalam Situs kami sebagai "Layanan"). Kami mengakui pentingnya data pribadi yang telah Anda percayakan kepada kami dan percaya bahwa merupakan tanggung jawab kami untuk mengelola, melindungi dan mengolah data pribadi Anda dengan baik. Kebijakan Privasi ini ("Kebijakan Privasi" atau "Kebijakan") dirancang untuk membantu Anda memahami bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi yang telah Anda percayakan kepada kami dan/atau kami miliki tentang Anda, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang, serta untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat sebelum memberikan data pribadi Anda kepada kami.

1.2 "Data Pribadi" atau "data pribadi" berarti data, baik benar maupun tidak, tentang individu yang dapat diidentifikasi dari data tersebut, atau dari data dan informasi lainnya yang dapat atau kemungkinan dapat diakses oleh suatu organisasi. Contoh umum data pribadi dapat mencakup nama, nomor identifikasi, informasi kontak dan Alamat

1.3 Dengan menggunakan Layanan, mendaftarkan akun pada kami, mengunjungi Platform kami, atau mengakses Layanan, Anda mengakui dan setuju bahwa Anda menerima praktik, persyaratan, dan/atau kebijakan yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini, dan Anda dengan ini mengizinkan kami untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi Anda seperti yang dijelaskan di sini. APABILA ANDA TIDAK MENGIZINKAN PENGOLAHAN DATA PRIBADI ANDA SEPERTI YANG DIJELASKAN DALAM KEBIJAKAN PRIVASI INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES PLATFORM KAMI. Apabila kami mengubah Kebijakan Privasi kami, kami akan memposting perubahan tersebut atau Kebijakan Privasi yang telah diubah pada Platform kami. Kami berhak untuk mengubah Kebijakan Privasi ini setiap saat.

1.4 Kebijakan ini berlaku sehubungan dengan pemberitahuan lain, klausul kontrak, klausul persetujuan yang berlaku terkait dengan pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan dan/atau pemrosesan data pribadi Anda oleh kami dan tidak dimaksudkan untuk mengesampingkan pemberitahuan atau klausul tersebut kecuali kami nyatakan sebaliknya.

 1.5 Kebijakan ini berlaku untuk pembeli dan penjual yang menggunakan Layanan kecuali secara tegas dinyatakan lain.

2. KAPAN TAXNESIA AKAN MENGUMPULKAN DATA PRIBADI?

2.1 Kami akan/mungkin mengumpulkan data pribadi Anda :

  • saat Anda mendaftar dan/atau menggunakan Layanan atau Platform kami, atau membuka sebuah akun dengan kami. 
  • saat Anda mengisi informasi sewaktu menggunakan Layanan atau Platform kami, mengirimkan formulir apapun, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, formulir permohonan atau formulir lainnya yang berkaitan dengan produk dan layanan kami, baik secara online maupun dalam bentuk fisik;  
  • saat anda membuat perjanjian atau memberikan dokumen atau informasi lainnya sehubungan dengan interaksi Anda dengan kami, atau saat Anda menggunakan produk dan layanan kami;
  • saat Anda berinteraksi dengan kami, seperti melalui sambungan telepon (yang mungkin direkam), surat, faks, pertemuan tatap muka, platform media sosial dan email, aplikasi chat seperti Whatsapp, termasuk saat Anda berinteraksi dengan agen layanan pelanggan kami;
  • saat Anda menggunakan layanan elektronik kami, atau berinteraksi dengan kami melalui aplikasi kami atau menggunakan layanan di Platform kami. Ini termasuk, dengan tidak terbatas pada, melalui cookies yang mungkin kami gunakan saat Anda berinteraksi dengan aplikasi atau situs web kami;
  • saat Anda memberikan izin pada perangkat Anda untuk berbagi informasi dengan aplikasi atau Platform kami;
  • saat Anda menautkan akun Taxnesia Anda dengan media social Anda atau akun eksternal lainnya atau menggunakan fitur media sosial lainnya, sesuai dengan kebijakan penyedia;
  • saat Anda melakukan transaksi melalui Layanan kami;
  • saat Anda menyampaikan kritik dan saran atau keluhan kepada kami;
  • saat Anda mendaftar untuk suatu kontes; atau
  • saat Anda mengirimkan data pribadi Anda kepada kami dengan alasan apapun. 

Daftar di atas tidak dimaksudkan sebagai suatu daftar yang lengkap dan hanya menetapkan beberapa contoh umum tentang kapan data pribadi Anda mungkin diambil.  

2.2    Kami dapat mengumpulkan data pribadi anda dari anda, afiliasi kami, pihak ketiga, dan dari sumber lainnya, termasuk namun tidak terbatas dari mitra bisnis (seperti penyedia layanan logistik atau pembayaran), biro kredit atau agensi penilai, penyedia atau mitra layanan pemasaran, program rujukan atau loyalitas, pengguna lain atas Layanan kami atau data lain yang tersedia untuk publik atau bersumber dari pemerintah.

2.3    Dalam situasi tertentu, anda dapat memberikan data pribadi dari individu lain kepada kami (seperti anggota keluarga atau teman anda atau orang pada daftar kontak anda). Jika anda memberikan data pribadi mereka kepada kami, anda menyatakan dan menjamin bahwa anda telah memperoleh persetujuan atas data pribadi mereka untuk diproses sehubungan dengan Kebijakan ini.

3. DATA PRIBADI APA YANG AKAN DIKUMPULKAN OLEH TAXNESIA? 

3.1 Data pribadi yang mungkin dikumpulkan Taxnesia termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  1. Data Identitas termasuk nama, nama pengguna, kata sandi,identitas pengguna atau pengenal lainnya, jabatan, tanggal kelahiran, jenis kelamin, tempat kelahiran, pekerjaan, foto
  2. Data Kontak termasuk alamat (-alamat) penagihan, alamat (-alamat) pengiriman dan labelnya, alamat (-alamat) email, nomor telepon dan daftar kontak.
  3. Data Kelayakan termasuk, dalam kaitannya dengan Penjual, seperti perizinan, dan persetujuan
  4. Data Transaksi termasuk pembelian atau pesanan yang Anda lakukan, minat, preferensi, masukan, dan tanggapan survei Anda, sehubungan dengan Pengguna, jenis layanan yang dicari, perincian mengenai pengambilan dan/atau pengiriman, dan jenis layanan yang dapat diterima pada saat itu.
  5. Data Keuangan termasuk rincian rekening bank dan kartu pembayaran seperti jenis kartu atau rekening pembayaran yang digunakan, nama penerbit kartu atau rekening pembayaran tersebut, nama pemegang kartu atau rekening pembayaran tersebut, nomor identifikasi rekening tersebut atau kartu pembayaran, kode verifikasi kartu pembayaran atau akun tersebut, dan tanggal kedaluwarsa kartu pembayaran atau akun tersebut, sebagaimana berlaku, data virtual account, riwayat keuangan (termasuk namun tidak terbatas pada riwayat transaksi kartu pembayaran atau rekening, rincian kartu pembayaran atau rekening, kode CVV dan pemetaan dan/atau status dan keadaan dari kartu pembayaran atau rekening), dan data penilaian kredit (credit scoring).
  6. Data Pembayaran termasuk rincian pembayaran atau transfer yang dilakukan oleh Pengguna pada Aplikasi Kami, termasuk namun tidak terbatas pada data yang berkaitan dengan penggunaan, pembayaran, rincian penerima (termasuk rincian rekening mereka), metode pembayaran yang digunakan, jumlah pembayaran yang dibayarkan, rincian tagihan, dan rincian faktur.
  7. Data Teknis termasuk rincian tentang penggunaan Anda atas Aplikasi Kami seperti identifikasi yang dihasilkan oleh Aplikasi (user id) alamat protokol internet (IP), data sebagai halaman web yang dilihat sebelumnya atau sesudahnya, durasi setiap kunjungan/sesi, identitas (ID) perangkat internet atau alamat kontrol akses media, ID periklanan dan informasi perangkat lainnya termasuk informasi mengenai produsen, model, dan sistem operasi perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Aplikasi dan crash logs.
  8. Data Perangkat termasuk data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler.
  9. Data Catatan (log) termasuk catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Aplikasi.
  10. Data Lokasi termasuk data lokasi geografis waktu-nyata (real-time) Anda, titik koordinat lokasi berupa longitude latitude, dan lokasi Wi-Fi.

Kami dapat membuat, menggunakan, melisensikan, atau mengungkapkan Data Gabungan seperti data statistik atau demografi untuk tujuan apa pun. Data Gabungan dapat berasal dari Data Pribadi Anda tetapi tidak akan dianggap sebagai Data Pribadi karena data ini tidak akan secara langsung atau tidak langsung mengungkapkan identitas Anda karena Kami akan memastikan: (i) bahwa semua pengenal telah dihapus sedemikian rupa sehingga data, sendiri atau bersama-sama dengan data lain yang tersedia, tidak dapat dikaitkan atau dihubungkan dengan atau tidak dapat mengidentifikasi siapa pun, dan (ii) data tersebut kemudian digabungkan dengan data serupa sehingga data asli membentuk bagian dari kumpulan data yang lebih besar.

3.2     Anda setuju untuk tidak menyerahkan setiap informasi yang tidak akurat atau menyesatkan kepada kami, dan anda setuju untuk memberitahukan kami atas ketidakakuratan atau perubahan dari informasi tersebut. Kami memiliki hak berdasarkan kebijaksanaan kami untuk mensyaratkan dokumentasi lain yang lebih lanjut untuk melakukan verifikasi atas informasi yang anda berikan.

3.3    Apabila anda mendaftarkan diri untuk menjadi pengguna dari Platform kami dengan menggunakan akun media sosial anda (“Akun Media Sosial”), menghubungkan akun Taxnesia anda dengan Akun Media Sosial anda atau menggunakan setiap fitur media sosial Taxnesia, kami dapat mengakses informasi tentang anda yang secara sukarela anda serahkan kepada penyedia Akun Media Sosial sesuai kebijakan penyedia media sosial, dan kami akan mengatur dan menggunakan data pribadi tersebut sesuai dengan Kebijakan ini sepanjang waktu. 

3.4 Jika Anda tidak ingin kami mengumpulkan informasi/data pribadi tersebut di atas, Anda dapat membatalkannya kapan saja dengan memberi tahu Petugas Perlindungan Data kami secara tertulis. Informasi lebih jauh mengenai pembatalan tersebut dapat ditemukan dalam bagian di bawah ini yang berjudul "Bagaimana Anda dapat mencabut persetujuan, menghapus, meminta akses untuk, atau memodifikasi informasi yang sudah Anda berikan kepada kami?" . Bagaimanapun, harap diperhatikan, bahwa dengan memilih keluar, atau mencabut persetujuan bagi kami untuk mengumpulkan, menggunakan atau memproses data pribadi Anda, dapat memengaruhi penggunaan Anda atas Layanan dan Platform. Contohnya, dengan membatalkan opsi pengumpulan informasi lokasi akan menyebabkan fitur berbasis lokasinya dinonaktifkan.

5. MELINDUNGI DATA PRIBADI ANDA

Keamanan Data

Kerahasiaan Data Pribadi Anda adalah hal yang terpenting bagi Kami. Kami akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan Data Pribadi Anda dari akses, pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan yang tidak disengaja, pemusnahan dan kerusakan atau risiko serupa. Namun, dikarenakan pengiriman data melalui internet tidak sepenuhnya aman, Kami tidak dapat sepenuhnya menjamin bahwa Data Pribadi tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Kami. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail akun Anda dan wajib untuk tidak membagikan detail akun Anda, termasuk kata sandi Anda dan One Time Password (OTP) dengan siapapun, dan Anda juga harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.

Penyimpanan Data

Data Pribadi Anda hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya, selama masa retensi atau selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku. Kami akan berhenti menyimpan Data Pribadi, atau menghapus maksud dari dikaitkannya Data Pribadi tersebut dengan Anda sebagai individu, segera setelah dianggap bahwa tujuan pengumpulan Data Pribadi tersebut tidak lagi dibutuhkan dengan menyimpan Data Pribadi, terdapat permintaan dari Anda untuk melakukan penghapusan akun Anda, dan penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan bisnis atau secara hukum.

Taxnesia akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Taxnesia apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; (ii) berakhirnya masa retensi dan (iii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Anda disimpan atau dikuasai oleh pihak lain termasuk institusi pemerintah dengan cara tertentu. Dalam hal Kami membagikan Data Pribadi Anda kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Kami, Anda menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Anda oleh institusi terkait akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi tersebut.

Data yang disampaikan melalui komunikasi antara Pembeli dan Penjual yang dilakukan selain melalui penggunaan Aplikasi (seperti melalui panggilan telepon, SMS, pesan seluler atau cara komunikasi lainnya dan pengumpulan atas Data Pribadi Anda oleh agen Kami) juga dapat disimpan dengan beberapa cara. Kami tidak mengizinkan Pemrosesan Data Pribadi antara Pembeli dan Penjual yang terjadi diluar Aplikasi Kami. Oleh karena itu, Pembeli dan Penjual bertanggung jawab penuh terhadap Pemrosesan Data Pribadi tersebut.

Sepanjang diizinkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, Anda membebaskan Kami dari dan terhadap setiap dan segala klaim, kerugian, kewajiban, biaya, kerusakan, dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan pengeluaran biaya ganti rugi penuh) yang dihasilkan secara langsung atau tidak langsung dari setiap aktivitas yang dilakukan diluar Aplikasi kami.

4 Ringkasan

Data apa yang Kami kumpulkan tentang Anda?

Kami mengumpulkan Data Pribadi saat Anda menggunakan Aplikasi Kami, termasuk data identitas, data kontak, data kelayakan, data transaksi, data keuangan, data pembayaran, data catatan (log) dan/atau data lokasi. Kami juga mengumpulkan data perangkat dan teknis dari Anda, dan data lain yang mungkin Anda sampaikan atau kirimkan saat Anda menggunakan Aplikasi Kami. Jika Anda memilih untuk tidak menyediakan data tersebut, Kami mungkin tidak dapat menyediakan layanan dan Aplikasi kepada Anda secara normal.

Bagaimana Kami menggunakan data tentang Anda?

Kami menggunakan data Anda untuk mengatur dan mengelola akun Anda dengan Kami, berkomunikasi dengan Anda, serta untuk menyediakan berbagai fitur, layanan dan fungsi bagi Anda pada Aplikasi Kami.

Jika Anda adalah Penjual atau pihak ketiga lainnya, Kami menggunakan data Anda untuk memverifikasi bahwa Anda dapat berjualan pada Aplikasi Kami, memungkinkan Anda menyediakan Barang, produk digital atau produk keuangan Anda kepada Pengguna, mengatur dan mengelola akun Anda dengan Kami, berkomunikasi dengan Anda, dan sebaliknya memberi Anda berbagai layanan dan fungsi yang tersedia di Aplikasi Kami.

Kami juga menggunakan data Anda untuk melakukan pemeliharaan atas Aplikasi Kami, dan untuk menyesuaikan produk dan layanan Kami dengan preferensi Anda. Selain itu, Kami menggunakan data Anda untuk memasarkan produk dan layanan Kami kepada Anda, serta produk dan layanan dari perusahaan dalam afiliasi Kami, mitra, atau agen (dengan persetujuan Anda jika diwajibkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku).

Dengan siapa Kami membagikan data Anda?

Kami membagikan data Anda dengan mitra pihak ketiga Kami untuk memfasilitasi kinerja layanan untuk atau oleh Anda, dengan mitra pihak ketiga Kami, sejauh yang diperlukan bagi mereka untuk menyediakan layanan mereka, termasuk namun tidak terbatas pada, pemrosesan pembayaran, pengiriman barang, penyediaan produk, klaim dan verifikasi asuransi.

Kami menggunakan layanan pihak ketiga ini semata-mata untuk mengolah dan/atau menyimpan data Anda untuk tujuan sebagaimana dijelaskan dalam Pemberitahuan Privasi ini. Kami juga membagikan data Anda dengan afiliasi Kami untuk tujuan yang dijelaskan dalam Pemberitahuan Privasi ini dan dengan lembaga pemerintah dan otoritas pemerintah lainnya sebagaimana diwajibkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

Kami juga mungkin akan memberikan akses dengan menampilkan Data Pribadi Anda kepada Pengguna lain untuk memfasilitasi komunikasi dan/atau pelaksanaan pemenuhan layanan di Aplikasi Kami.

Dimana Kami memproses data Anda?

Kami memproses data Anda di beberapa lokasi, baik di Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia. Kami juga dapat mentransfer data Anda pada afiliasi Kami dan mitra pihak ketiga di luar wilayah Indonesia untuk tujuan sebagaimana ditetapkan dalam Pemberitahuan Privasi ini

Berapa lama Kami memproses data Anda?

Kami memproses data Anda selama Anda memberikan persetujuan dan diperlukan untuk memenuhi tujuan perolehan dan pengumpulannya, atau sebagaimana diwajibkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

Bagaimana Saya bisa melaksanakan hak Saya atas data Saya?

Anda mungkin memiliki berbagai hak sehubungan dengan Data Pribadi Anda berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

Jika Anda ingin mengajukan permohonan pelaksanaan hak Anda, Anda dapat mengajukan permohonan hak subjek data kepada Taxnesia, termasuk permohonan penghapusan data Pengguna melalui Aplikasi Kami. Atau bisa langsung menghubungi kami di saluran yang kami buat.

Hubungi Kami

Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Pemberitahuan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya, silakan hubungi layanan pelanggan Taxnesia.

Bagaimana Kami akan memberitahukan Anda terkait perubahan?

Kami akan mengubah Pemberitahuan Privasi ini dari waktu ke waktu dan memberitahu Anda tentang versi yang diperbarui melalui Aplikasi Kami atau email Anda yang terdaftar pada Kami. Silakan periksa kembali secara berkala untuk melihat pembaruan atau perubahan apapun pada Pemberitahuan Privasi ini.

Jika Anda adalah Pengguna, Kami dapat menggunakan Data Pribadi Anda untuk?

  • untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan Anda sebagai Pengguna dan untuk membuat, memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun Anda pada Aplikasi Kami
  • untuk memungkinkan Taxnesia untuk menyediakan layanan, baik layanan yang telah tersedia, layanan yang Anda minta, maupun layanan yang akan tersedia mendatang;
  • untuk mengolah dan memfasilitasi pesanan dan transaksi pembayaran yang Anda lakukan, termasuk sebagaimana berlaku, transaksi yang dilakukan melalui kartu pembayaran, uang elektronik dan/atau dompet elektronik, atau rekening yang tersedia pada Aplikasi;
  • untuk memberitahu Anda atas transaksi atau aktivitas yang terjadi dalam Aplikasi atau sistem lain yang terhubung dengan Aplikasi Kami
  • untuk berkomunikasi dengan Anda dan mengirimkan Anda data sehubungan dengan penggunaan Aplikasi;
  • untuk memberitahu Anda mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada layanan yang disediakan;
  • untuk mengolah, memproses, menyelesaikan dan menanggapi keluhan, permasalahan, pertanyaan dan saran yang diterima dari Anda;
  • untuk melakukan pemeliharaan, mengembangkan, menguji, meningkatkan, dan mempersonalisasikan Aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda sebagai Pengguna, termasuk memungkinkan fitur untuk mempribadikan (personalised) akun Pengguna, seperti Keranjang Belanja, Wishlist dan Produk Favorit;
  • untuk memantau dan menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis pengguna termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia di Aplikasi;
  • untuk mengirimkan Anda komunikasi pemasaran, iklan, voucher, survei, dan data secara langsung atau terfokus, dan data tentang penawaran atau promosi khusus dan saat acara, promosi, fitur, atau peluncuran tersebut terjadi.